Penting Untuk Kaum Hawa! 6 Cara Mudah Menjaga Kebersihan Alat Produksi Selama Menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang pasti dialami semua perempuan ketika sudah menginjak masa baliqh. Saat mengalamai menstruasi atau haid, vagina menjadi lebih rentan apabila tidak diperhatikan kebersihannya. Terlebih kondisi vagina menjadi lebih basah akibat banyaknya darah yang keluar. Jika vagina tidak rajin dibersihkan, akibatnya akan timbul banyak gangguan seperti rasa gatal, rasa seperti terbakar, bau tidak sedap, keputihan, hingga infeksi.  Untuk itu lah kita harus lebih sering mencuci area vagina supaya kebersihannya tetap terjaga sehingga bakteri jahat pun tidak menempel.  Lalu, bagaimana sih cara menjaga kebersihan vagina selama menstruasi? Langsung saja simak  penjelasan berikut.

  1. Rutin mengganti pembalut

Pada saat memakai pembalut, diwajibkan untuk rutin mengganti pembalut seserring mungkin, paling tidak 3 sampai 4 jam sekali. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kelembapan pada organ kewanitaan. Nah jika banyak darah yang keluar , sangat disarankan untuk mengganti pembalut walaupun pembalut hanya digunakan selama kurang dari 3 jam.

  1. Rutin membersihkan vagina dengan cara yang benar

Saat menstruasi, organ kewanitaan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya darah. Nah area yang terdapat darah cenderung lebih rentan akan bakteri. Maka dari itu, bersihkanlah vagina secara teratur minimal tiga kali dalam sehari yaitu saat pagi, sore, dan malam hari. Membersihkannya pun harus dengan cara yang benar yaitu dengan membasuh menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang (sampai anus). Dan yang terakhir, keringkan menggunakan tisu.

cara cepat memutihkan kulitBaca Juga cara cepat memutihkan kulit

  1. Wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina

Mencuci tangan menjadi kebiasaan yang mudah namun masih sulit dilakukan, terutama pada saat menstruasi. Padahal, mencuci tangan sebelum membersihkan vagina sangatlah penting dilakukan untuk mencegah vagina terserang dari bakteri jahat yang hinggap di tangan. Setelah membersihkan vagina, memakai pembalut, dan membuang pembalut, jangan lupa juga untuk mencuci tangan lagi. Nah bagi kamu yang ingin berpergian, bawalah pembalut, tisu, dan handsanitizer.

  1. Hindari membersihkan organ kewanitaan dengan sabun yang mengandung parfum

Sabun yang mengandung parfum memang cenderung lebih harum, terlebih saat sedang menstruasi banyak orang yang menggunakannya agar area kewanitannya tidak menimbulkan bau tak sedap. Padahal, sabun yang mengandung parfum akan mengganggu keseimbangan jumlah bakteri  di vagina  sehingga dapat menimbulkan iritasi.

  1. Mencukur rambut kemaluan sebelum menstruasi

Mencukur rambut kemaluan penting dilakukan demi menjaga kebersihkan area kewanitaan. Terutama sebelum menstruasi, membersihkan rambut kemaluan pentong dilakukan menghindari bekas gumpalan darah menempel pada rambut tersebut.  Sebab bekas gumpalan darah dapat menyebabkan timbulnya jamur atau infeksi.

  1. Memperhatikan warna darah yang keluar

Yang terakhir, memperhatikan warna darah yang keluar ketika menstruasi. Darah menstruasi yang normal biasanya bewarna merah terang dan memiliki sedikit gumpalan. Darah menstruasi yang bewarna merah gelap pun juga terbilang normal. Hanya saja waktu keluarnya terbilang lebih lama. Nah jika darah menstruasi yang keluar bewarna sedikit oranye, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena warna tersebut bisa bertanda terjadinya infeksi.

Nah itulah 6 cara mudah menjaga kebersihan vagina atau alat produksi wanita selama masa menstruasi. Sudah kah kamu menerapkannya? Jika belum, yuk segera terapkan agar terhindar dari gangguan kesehatan alat reproduksi! Semoga bermanfaat ya!