Makanan Terpopuler di Jogjakarta

Entah kata kata apa lagi yang dapat menggambarkan pesona keindahan kota Jogjakarta, dengan menyebut nama kotanya saja kita sudah membayangkan betapa menyenangkan berada di kota Gudeg tersebut. Selain wisata alamnya, Jogja juga memiliki wisata kuliner yang sudah cukup populer yang tentunya memiliki rasa yang sangat nikmat.

Berikut ini adalah wisata kuliner yang populer dan di gemari oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Gudeg Jogja

Kuliner yang satu ini sangat populer dan bahkan di jadikan ikon kota Jogja. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka yang terbagi 3 jenis yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Perbedaan gudeg basah dengan gudeg kering terletak pada teksturnya. Gudeg kering di masak lebih lama sehingga lebih bertekstur kering dan manis serta berwarna lebih coklat.

Sedangkan untuk gudeg manggar terbuat dari bunga kelapa. Gudeg biasanya di santap bersama sambel goreng krecek, telur dan tempe.

Angkringan Jogja

Banyak kita temukan angkringan di pinggirnpinggir jalan kota Jogja, angkringan juga biasa di jadikan tempat tongkrongan anak anak muda tetapi juga ada orang dewasa yang ikut nyantai di angkringan. Angkringan biasanya menggunakan gerobak dorong, dengan menu andalan nasi kucing, atau nasi putih yang diberi isian oseng tempe, oseng teri, dan sambel dan di bungkus dengan daun pisang.

Selain itu juga tersedia beragam lauk yang di tusuk mirip sate seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam dan beragam gorengan.Terkadang kita juga dapat menemukan minuman yang cukuop populer yaitu kopi joss, yang berupa kopi panas yang dicelupkan arang panas membara.

Sate Klatak

Kuliner yang satu ini berasal dari Imogiri, Bantul yang terbuat dari daging kambing. Sate klatak hanya menggunakan garam saat membakar sehingga timbulah bunyi klathak, oleh karena itu di namakan sate klathak. Sate klathak memiliki keunikkan yaitu di tusuk bukan dengan lidi, tetapi jeruji sepeda yang terbuat dari besi. Bumbu yang digunakan pun hanya menggunakan garam, dan lebih nikmat disantap bersama nasi yang disiram kuah gulai serta irisan cabe.

Bakpia

Bakpia adalah kue yang terbuat dari tepung, gula dan isian rasa bakpia. Bakpia memiliki berbagai varian rasa seperti kacang ijo, coklat, keju dan durian. Di jogja bakpia yang sangat populer adalah bakpia pathuk dan menjadi oleh oleh yang wajib di bawa jika kamu berkunjung ke Jogja.

Geplak

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, gula pasir, garam dan terkadang menggunakan gula merah. Geplak berbentuk bulat dengan beraneka ragam warna serta aroma, dan nikmat jika di makan saat hangat.

Itulah makanan yang menjadi ciri khas Jogja yang wajib kamu rasakan atau bahkan kamu jadikan buah tangan saat mengunjungi Jogjakarta. Selamat mencoba!